Sep 8, 2009

Nujum tentang Industri

Perlahan namun "tidak pasti", saya ingin terjun dalam dunia industri, entah industri apa yang akan saya buat? industri "celoteh" jg boleh..

Melihat dan mejadi korban akan perekonomian Indonesia, semakin susahnya mencari pekerjaan atau semakin tidak layaknya (tidak setimpal) seorang buruh/karyawan bekerja di suatu perusahan (tentunya di perusahaan tertentu & nasib tertentu), kalau boleh saya memprediksi dengan ngawur, harusnya akan menambah inisiatif atau semangat warga Indonesia untuk berdikari (berdiri di kaki sendiri) berkarya menghasilkan sesuatu untuk menyambung hidup. Inilah kondisi Indonesia saat ini (bicara seolah pengamat ekonomi), manusia akan semakin banyak yg "double job" untuk berkreasi diluar pekerjaan tetapnya, berusaha mencari penghasilan tambahan, dan berharap kelak bisa keluar dari pekerjaan tetapnya dan menekuni usaha-nya sendiri.

Inilah yang saya maksud, bahwa dampak kondisi buruk bisa menghasilkan sesuatu yang lebih baik, asal tahan dengan "proses".
...
Hasil perenungan saya sebulan ini, merasakan aura kota kesusahan dari jawa sebelah timur, hingga jawa sebelah barat, kemudian kembali lagi ke timur, ke barat, dan ke timur lagi (apa sih?), memang benar kata banyak orang "semakin seseorang terjepit atau setengah terjepit, semakin besarlah semangat untuk keluar dari himpitan" Semakin memikirkan cara & solusi, melangkah, kemudian gagal, melangkah, mikir lagi, & gagal lagi.. kemudian Tuhan "ikut" menentukan nasib apakah berhasil atau tidak, seberapa kuatkah?

Jika kondisi "gagal dan gagal lagi" cukup stabil, solusi agar tahan & kuat adalah menikmati kondisi tersebut, bahwa proses adalah kenikmatan tiada-tara. Sedikit orang yang diberi kesempatan atau berani merasakan proses ini, berbahagialah jika merasakan proses untuk berhasil. Bahkan kata "berhasil"-pun masih relatif, setelah berhasil tentu ada proses yang lain lagi, jadi... nikmatilah "proses".

Hmm... pesan ini untuk saya sendiri & yang mau-maunya membaca tulisan saya.

Balik lagi ke Industri..
Saya percaya bahwa Industri akan semakin berkembang di Indonesia akibat dari himpitan ini, tidak masalah industri kecil atau besar.

Definisi Industri
Undang Undang No. 5 Tahun 1984 Tentang : Perindustrian
Industri adalah kegiatan ekonomi yang mengolah bahan mentah,bahan baku, barang setengah jadi, dan/atau barang jadi menjadi barang dengan nilai yang lebih tinggi untuk penggunaannya, termasuk kegiatan rancang bangun dan perekayasaan industri.

0 comments:

Post a Comment