Sep 29, 2009

Cara Pembayaran

Nops!, bukan cara pembelian di sini. Berawal dari ga ngerti kala pelajari software akutansi, disitu disebutkan "syarat pembayaran" = COD... apaan ya? bego ya? haha.. berlanjutlah browsing sana dan sini, dari Mbah Google sampe mampir2 ke beberapa Online Shop, saya mencatat beberapa cara pembelian pada toko online (online store).

Sistem pembayaran yang diberlakukan ada beberapa cara yaitu :
Transfer
Pembeli dapat membayar total pesanan anda ke salah satu bank dengan cara transfer setelah mendapat konfirmasi sebelumnya dari kami via sms atau email. Cara Transfer dapat dilakukan dengan transaksi ATM, Mobile (SMS) Banking atau Internet Banking

Biasanya selesai melakukan transfer, pembeli diminta menghubungi melalui sms,telepon atau email untuk konfirmasi ulang pembayaran. Untuk pembayaran pembelian barang dari dunia maya (online) cara ini cukup familiar, banyak digunakan usaha kecil-menengah & masih terkesan manual karena sudah ada cara pembayaran lain yang lebih praktis.

Setoran Tunai
Pembeli dapat membayar total pesanan dengan cara datang “Secara Langsung” ke rekening salah satu bank dengan melakukan “Setoran Tunai” setelah mendapat konfirmasi sebelumnya dari kami via sms atau email.
...
Cash On Delivery ( COD)/Bayar langsung di Tempat
Pesanan pembeli akan segera di antar langsung oleh karyawan penjual hingga sampai di tempat. Biasanya waktu dan tempat akan dikonfirmasi sebelumnya dengan pembeli via sms atau email. Setelah pesanan pembeli sampai di tempat tujuan dan telah diterima maka pembeli wajib membayar lunas kepada kurir penjual dan mencantumkan nama penerima. Serah terima barang akan dilakukan setelah pembayaran dilunasi secara tunai .

Cara COD (Cash On Delivery) biasanya berlaku pada daerah tertentu dekat dengan pusat penjualan offline/kantor/gudang pihak penjual.

Paypal dan Kartu Kredit
Penjual/Toko Online telah bekerja sama dengan CitiBank, Sumber Kredit, Adina dan AEON untuk pembiayaan belanja melalui kredit (Visa, Mastercard, Dinner, Amercian Express, Discover). Pembayaran biasanya melalui fasilitas/layanan yang sudah terintegrasi dengan website toko online. Pembayaran melalui paypal, Sang Pembeli harus mempunyai akun di paypal jika belum mempunyai akun tersebut biasanya bisa melalui Credit Card. Saat ini cara pembayaran ini adalah yang terpraktis.

Lainnya
Adapun solusi pembayaran lainnya, misal dapat dilakukan secara online melalui KlikBCA. Semua transaksi pembeli akan tercatat dan langsung bisa diakses dari www.klikbca.com, masuk ke menu Pembayaran, dan pilih Belanja Online. Pnda tidak perlu repot-repot lagi melakukan konfirmasi kepada sales kami atas pembayaran yang telah dilakukan.

Operator selular juga telah mengembangkan pembayaran melalui fitur dalam selular, semakin banyak operator bekerja-sama dengan banyak merchant. Pelanggan operator akan dimudahkan bertransaksi melalui handphone.

Semoga bermanfaat,
fendiaw/

0 comments:

Post a Comment