Aug 6, 2009

Otter My T-Shirt

Fiuhhh... lama juga ga update blog. Beberapa waktu saya masih disibukkan dgn clothing. Mulai dari desain, proses produksi, foto t-shirt yang udah jadi, desain untuk posting, update content di blog & facebook untuk penjualan online, hingga exhibition produk.

Saya menggunakan blog sebagai galeri online & media untuk info pemesanan atau transaksi. Selain alasan blog sebagai media lebih "instant" ketimbang website, saya juga senang dengan kepraktisan pada blog untuk mengupdate content. Karena kebutuhan saat ini hanya perlu media untuk galery "display" online, sekali lagi saya pilih blog! walaupun kedepannya saya sangat membutuhkan sebuah website.

Untuk alasan efisien & percepatan, saya sering memajang desain vector (bukan foto) sebagai "dummy" di blog atau facebook terlebih dahulu sebelum t-shirt selesai diproduksi.Hal tersebut bisa memangkas waktu produk kita tampil di blog. Bayangkan jika harus menunggu t-Shirt jadi terlebih dahulu? "display" baru muncul setelah 1-2 minggu dari proses desain, padahal kita menginginkan produk segera tampil, & endingnya..ada yang order produk kita.. :)

Misalnya, desain t-shirt "facebook freak" ini. Desain yang digunakan sebagai guide untuk proses produksi juga saya manfaatkan untuk display. Tampilan produk bisa dilihat audience selama proses produksi berlangsung.

Saya menggunakan Corel untuk menggambar vektor.

Walaupun gambar vektor bisa menerjemahkan 90% nyata kepada audience. Akan lebih "mantapzz!!" klo audience disajikan gambaran asli berupa foto. Pastinya foto bisa ditampilkan setelah t-shirt selesai produksi.


Bahkan setelah jeprat-jepret produk, audience masih merasakan kurang adanya experience jika produk tanpa ada model. Produk (t-shirt) harus benar-benar dipakai model untuk memberikan gambaran sempurna kepada audience.

Maka saya coba menggunakan peralatan sederhana untuk proses foto & desain. Untuk konsep, saya ingin t-shirt dipakai model tapi tanpa memperlihatkan model, seolah tubuh sang model transparan.

Kebetulan saya melakukannya sendiri, tanpa rekan. Saya gunakan kamera pocket, tripod (karena kamera saya timer saat nge-shoot), & lampu yang biasa saya gunakan pameran. Saya lakukan di dalam ruangan dengan pencahaan cukup (cahaya matahari), saya tambahkan lampu untuk memberikan efek dimensi, tanpa blitz, & kemudian... jepret!!


Gambar saya ambil beberapa kali dengan beberapa seting pencahayaan, trus pilih yg paling bagus.

Hasil foto kemudian saya transfer di laptop. Untuk pengeditan awal saya gunakan Photoshop hanya untuk proses cropping, memisahkan objek dengan background & sedikit mengatur "color", "contrast", & "level".

Background yg saya hilangkan saya bikin transparan, File saya simpan dalam format *.psd. Kemudian file saya "tarik" ke Corel untuk menambahkan gambar label pada leher baju. Beberapa orang lebih senang hanya melakukannnya di Photoshop. Menurut saya, jika perlu dibubuhkan teks atau gambar vektor, saya senang melakukannya di Corel. Terakhir file project di-export dalam bentuk JPEG.

Gambar kemudian saya posting di blog http://otterkids.blogspot.com/ & facebook Otter

0 comments:

Post a Comment