Apr 20, 2009

Facebook & Bangun Tidurr

Kapan saya mulai fesbukan (lebih enak nulis "fesbuk" ketimbang "facebook") ga sampe 2 bulan yg lalu (februari 2009). wlaupun sudah lama denger, tapi baru-baru aja ikutan. fasilitas "mobile" (diakses via handphone) pada fesbuk membuat saya tertarik tergabung dalam komunitas "ga penting" yang bisa menjadi "penting" ini.

Facebook adalah situs internet yang menjadi ajang bersosialisasi di dunia maya.
Situs jejaring sosial ini telah menjadi cara baru untuk berhubungan dengan
teman, kerabat dan relasi melalui internet.




Ada cara mudah mengakses Facebook secara mobile.. hmm lewat hape. 1. Pastikan ponselmu memiliki kemampuan GPRS atau 3G + sudah ter-setting. 2. Buka aplikasi Internet browser dalam ponselmu, lalu masukan alamat (URL) Facebook Mobile, http://m.facebook.com/. Jika sudah pernah melakukan registrasi Facebook, cukup memasukkan alamat email dan password. Jika belum, harus registrasi terlebih dahulu.



"Fesbuk" dalam Dunia



Keberhasilan Barrack Husein Obama memanfaatkan jejaring sosial di fesbuk saat kampanye pemilihan Presiden Amerika Serikat tahun lalu, semakin menginspirasi banyak orang bahwa fesbuk juga bisa efektif untuk kepentingan yang lebih serius.

fesbuk baru diluncurkan 5 tahun yang lalu Febuary 2004, hingga menjadi jejaring sosial terpopuler dgn jumlah 150 juta pengguna aktif. Saingan terdekatnya MySpace menurut BBC news online diakses 130 juta pemakai. Masih banyak jejaring sosial lain di dunia maya seperti Friendster, Tribe, Geek, Twitter, Bebo. Bahkan peristiwa pemboman hotel di Mumbai - India beberapa waktu lalu dikirim oleh saksi mata melalui Twitter, lebih cepat dari para jurnalis media cetak atau reporter TV internasional.

Mark Zuckerberg yang masih belia, baru berusia 24 tahun ketika memasarkan fesbuk dari kamarnya di asrama Harvard University sebenarnya tidak menyangka kalau karyanya akan booming. Kini fesbuk diakses dalam 30 bahasa, termasuk Indonesia. Kabarnya saat ini sedang dalam proses penterjemahan 60 bahasa lain. Pada tahun 2006 Zuckerberg mencengangkan dunia karena menampik tawaran Yahoo untuk membeli Facebook seharga 1 miliar dollar AS (atau sekitar Rp 12 triliun). Setahun kemudian Microsoft membeli 1,6 % saham facebook seharga 240 juta dollar AS. Kini nilai ekonomi facebook ditaksir sebesar 15 miliar dollar AS!

Fenomena pengguna facebook di Indonesia juga luar biasa! Sampai pertengahan bulan Maret 2009 jumlah pengguna fesbuk sudah mencapai 2,25 juta orang menempatkan kita di posisi pertama di Asia dan ke 13 di dunia, meningkat 149,3 % sejak bulan Desember 2008. Sebagai operator telekomunikasi, tentunya peluang bagi kita juga terbuka lebar. Sebagai contoh, Verizon bahkan menutup website communitynya dan mengumumkan dipindahkan ke fesbuk.



hehe.. Rating pengguna di Indonesia ga pernah ketinggalan sebagai pengguna situs-situs Jejaring Sosial



Luar biasa bukan? ga salah klo akhir-akhir ini setiap bangun tidur selalu buka fesbuk hanya sekedar baca status teman atau update status... haha.. ga penting!

/faw *gambar diambil dari deviantart.com*

0 comments:

Post a Comment