Apr 20, 2009

Ber-Blogging adalah Seni

Pertama saya mengenal & mencoba blog berawal saat friendster memberikan fitur baru "blog", mungkin sekitar taon 2005. Saat itu pemahaman saya tentang blog hanyalah sebagai "online diary".


Ya! hanya merubah kebiasaan menulis sesuatu di buku menjadi kebiasaan menulias online di dunia maya & dibaca jutaan orang

Entah siapa yang memulai, situs atau portal yang menyediakan fasilitas "blog" kian menjamur. Hingga yang populer diantaranya adalah blogspot, wordpress, kemudian aktifitas bloging makin gampang dilakukan cukup via hape seperti tweeter.
Tema yang diambil tiap blogger di blog-nya-pun kian variatif, hingga muncul kreatifitas dalam ber-blogging. Mulai dari sekedar iseng menceritakan tentang diri sendiri, hoby, komunitas, sarana marketing, hingga menyebar isu sebagai senjata politik.


Tidak hanya sekedar menulis, mnyampaikan, & menyebar informasi, blog juga bisa dimanfaatkan untuk meraup dolar (hehe.. atau rupiah klo kita cinta Indonesia). Hmm.. sudah banyak buku & postingan yang membahas cara memperoleh dolar via blog, saya ga akan membahasnya. Sebelum mendapatkan dolar, pastilah seorang admin/pemilik blog harus mampu membuat blognya sering dikunjungi.
Berbagai pemikiran di kepala :


Apa yg membuat orang membuka blog saya?

Apa yang membuat menarik? Bagaimana caranya memperoleh rating yang baik di "Search Engine"? setelah banyak pengunjung yang mengakses... muncul kembali pertanyaan... bagaimana mempertahankan traffic agar tetap stabil? bagaimana mengelola content blog agar terus menarik? bagaimana saya mendapatkan resource? ... setelah mulai stabil... bagaimana mendapatkan uang? sponsor/iklan? ...
fiuhh... sebenarnya pertanyaan tersebut tidak harus muncul berurutan, akan lebih baik dipikirkan secara paralel. Apa yang membuat saya tertarik memikirkan (atau biar lebih ringan "melamunkan" hehe..) hal-hal tersebut? Makin lama saya bermain-main dengan blog. saya pikir permainan ini sangat ber-seni.



ketika saya mulai memperhatikan tren grafik status pengunjung di salah satu blog saya : lebihsenang.blogspot.com dalam beberapa hari. hehe.. sepertinya seru.. bagaimana saya menjawab pertanyaan2 di atas? hari ini turun esok naik, naik lagi & turun lagi.. hehe menyenangkan rasanya memikirkan gimana caranya biar grafik terus naik & stabil. bukankah itu hal yang menarik? saya pikir.. inilah seni.


hmm... sudahlah saya mo lanjut ber-blogging-ria!! /faw

1 comments:

Bunda Jihan said...

hidup para blogger..............keep spirit

Post a Comment