Oct 15, 2008

Tutorial : Proses Desain, Creative Briefs

Suksesnya produk desain grafis sangat bergantung dengan planning yg baik. Membuat design-brief merupakan bagian hal yg penting dari konsep kreatif yg akan sangat membantu bagi desainer & klien untuk fokus terhadap aspek utama dalam proyek desain. Posting kali ini akan menjelaskan langkah demi langkah bagian penting dalam creative brief.


Berbagai project kreatif, apakah website, poster, billboard, majalah, atau katalog harus terencana dengan baik dalam sebuah bentuk creative brief. Langkah-langkah didalamnya diperlukan untuk eksekusi sebuah proses desain.

Saat mempresentasikan konsep desain secara visual, biasanya klien mempersiapkan kepada kita sebuah creative brief berisi garis besar seperti tujuan visual, warna yg diinginkan, target demografis pasar , & spesifikasi. Kita juga bisa mempersiapkan creative brief milik kita, tentunya setelah diskusi singkat dengan klien.


Berikut contoh creative brief sebuah iklan :

Purpose:
Outline the purpose of the creative "tentukan tujuan project kreatifnya!!"

Goals:

Provide a clear statement of objectives, with priorities "tentukan komunikasi yg tepat untuk iklan anda!, skala prioritas komunikasi anda akan menentukan mudah tidaknya pesan anda ditangkap oleh audience"

Target Audience:

Define, characterize and prioritize the target audience "visualisasikan promo anda sesuai segmen"

Selling points:

Outline the unique benefits, features and product selling points to be communicated visually and in the copy. "tunjukkan selling point dengan jelas!

Tone of ad:
Visual style guideline and preferences "biasanya klien memiliki corak yg unik supaya terlihat berbeda dari kompetitor"

Ad Content:

Outline photography, art direction, or stock imagery requirements, and indicate the illustration or support graphics that may also be required "Illustrasi kadang dibutuhkan untuk membuat visual promo anda lebih hidup... objek bisa berupa model, kartun, gadget, produk, dll"

Brand Values:

Define the known and understood values of the company "Pasti!! mengertilah karakter brand klien anda..."

Competition: Outline major competitors and their marketing efforts "terkadang diperlukan komunikasi yg kompetitif untuk menunjukkan keunggulan produk klien dari kompetitornya"


Approval process: "buat timeplan setiap pekerjaan anda.. mulai dari ide, draft design, hingga final preview"


Specifications: "Jelaskan spesifikasi produk desain yang telah anda buat, seperti ukuran, warna, jenis media, ketebalan, dll.."

/faw

0 comments:

Post a Comment