Oct 13, 2008

CASE : Google Chrome Dianggap Ga Kreatif

Hadirnya Google Chrome sebagai browser tandingan setelah Internet Explorer, Firefox, Opera.. langsung menjadi perbincangan pecandu IT di bumi, termasuk saya. Google (Web Search Engine)  yg saya anggap "mbah" saya sendiri, memang sudah menjadi inspirasi banyak orang.. bisa katain, setiap orang buka browser or connect sm internet, hampir selalu dipastikan mengakses google. Sekarang, kehadiran Chrome sebagai salah satu produk terbaru dari kerajaan Google sebagai tandingan Firefox (yg dikatakan sebagai browser tercepat saat ini) menjadi topik hangat bagi netter, IT, termasuk peng-hobi desain. 

Logo Chrome juga menjadi topik hangat bagi situs-situs yg care ngomongin soal logo, desain, kreatifita, dll. Berbagai opini miring mengenai logo chrome ,seperti "ga kreatif, njiplak, inspirasi yg mati, dll" mewarnai omongan di berbagai forum.


Seperti artikel yg diposting oleh "Digital Inspiration" dari labnol.org dengan judul "The Inspiration Behind The Logo Design of Google Chrome" mereka membuat skema yg menarik seolah-olah ulasan tersebut adalah inspirasi dibalik pembuatan logo chrome. Mereka hingga menyebut-nyebut pokomen dan Simon (game elektronik) adalah salah satu pemicu/ide terlahirnya desain logo chrome. Tidak cukup puas dengan menjelaskan diagramnya, di situsnya juga menampilkan video parodi mengenai njiplaknya chrome terhadap ThinkFree Office. hmm.. kasian ya google ? 






Klo opini saya sehh, diluar anggapan kreatif-ga-kreatif, saya teteup berpendapat logo chrome keren kok. Google sudah konsisten menggunakan warna-warna yg dipakai di produk2nya termasuk chrome. logo yg mirip webcam itu membawa kesan canggih dan kesederhanaan. Sederhana tapi handal memang keunikan yg dibawa google. Saat ini saya langsung beralih k Chrome yg sebelomnya pake firefox. Saya suka dengan interface-nya, simple, jauh sekali dari kesan ribet yg dimiliki oleh kebanyakan browser. Dia (chrome) sungguh meminimalisir panel di browser dan memperluas window yg digunakan untuk browsing. hmm.. keren dah! Chrome juga disebut-sebut menjiplak Opera dalam hal fitur-fitur yg dimiliki Opera. hmm.. udahlah, yg namanya inovasi memang kadang menyempurnakan inspirasi yg duluan telah hadir, ga selalu bener-baner baru!! ::fdunkz!


0 comments:

Post a Comment